Blogger Manado Bakumpul di Sini

12 Des 2010

Blogger Manado Menerima Tantangan Microsoft

Blogger Manado Menerima Tantangan Microsoft
by Elizabeth Soedjiarto

Mohon untuk tidak mempermasalahkan nama saya yang bernafas Jawa ketika saya mengaku sebagai salah seorang Blogger Manado yang menerima tantangan dari Microsoft :)

Oke perkenalkan saya blasteran Jawa dan Manado, almarhum ayah saya berasal dari Ambarawa, Jawa Tengah dan ibu saya berasal dari Manado, Sulawesi Utara, Sudah pasti saya anaknya bapak Soedjiarto hehehe. Dan sudah 7 tahun ini saya pun dinikahi oleh seorang pria berdarah Manado :) Jadi lengkap sudah silsilah saya sebagai Blogger Manado.

Apa hubungannya dengan Microsoft?

Saya akan ceritakan dari awal yaa... blog saya yang ini sudah dibuat lebih dari satu tahun yang lalu, saya membuat blog ini sebenarnya sebagai wadah untuk mensosialisasikan blogging kepada teman-teman yang tergabung di groups Blogger Manado di Facebook. Tapi selama satu tahun ini sebelum bulan desember 2010 tepatnya, groups tersebut juga sepi-sepi ajah padahal sudah dibroadcast melalui message to all members mengenai blogging, akhirnya saya mengalihkan fokus saya pada bisnis online yang sedang saya jalankan saat itu.

Blog ini pun terbengkalai, kalo kurang support ya jadinya begitu. Nah, awal Desember ini saya mendapat laporan ada beberapa teman baru yang bergabung di groups Blogger Manado di Facebook dan mereka antusias mengomentari status-status yang saya buat di wall groups.
Ini seperti magnet luar biasa bagi saya, dan saya seperti kebanjiran ide di kepala untuk mengaktifkan groups yang sudah lama "pingsan":)

Mulailah saya membuat berbagai topik yang bisa didiskusikan bersama di discussions board groups. Hasilnya memuaskan karena terjadi interkasi dan komunikasi yang positif antar member groups Blogger Manado. Jadi terlihat siapa yang memang sehati dengan saya dan mana yang belum.

Beberapa kali terjadi perbincangan melalui chatting mengenai kelanjutan dari aktifitas kami di groups, seperti di antaranya adalah kami berdiksusi bagaimana caranya sosialisasi awal yang tepat untuk menjangkau khususnya orang Manado (orang Kawanua - orang yang berasal dari daerah Sulawesi Utara) dalam hal ini mensosialisasikan blogging.

Saya pun berusaha menyajikan beberapa artikel dasar-dasar blogging yang di antaranya saya ambil dari blog saya yang lebih dulu eksis. Saya juga publish artikel baru saya mengenai Manfaat Blogging Untuk Kehidupan Manusia di blog ini dan juga saya tulis kembali di notes pada akun facebook saya. Beberapa teman blogger sudah memberikan komentarnya yang menarik :)

Dan kini saya sedang mengusahakan tahap sosialisasi awal untuk orang Kawanua yang belum mengerti soal blogging alias tidak punya blog atau yang sudah punya blog tapi belum memaksimalkannya dengan cara membuat majalah digital atau majalah online atau yang biasa dikenal dengan istilah ezine.

Meski ini masih tahap diskusi dengan teman-teman di groups Blogger Manado, kami ingin mempersembahkan karya terbaik sebagai blogger untuk daerah kami dan juga untuk bangsa Indonesia. Kami bermaksud dengan adanya ezine ini bisa menjangkau orang Kawanua yang selama ini hanya asyik ber-facebook-an ria untuk melirik blogging sebagai suatu hobi baru, suatu minat yang bisa diandalkan untuk memperkuat tali persaudaraan, yang bisa membuka peluang baru bagi mereka yang putus sekolah, pengangguran dan harapan bagi mereka yang sudah tidak produktif bekerja di perusahaan namun mereka sebenarnya masih bisa menghasilkan banyak karya positif melalui blog. Terlebih lagi memperkenalkan potensi daerah Sulawesi Utara kepada dunia :)

Saya merasa sedikit terhenyuh... beberapa bulan lalu saya sempat melakukan riset manual tentang website-website yang mempromosikan wisata daerah Sulawesi Utara, faktanya didapat bahwa pemilik website kebanyakan bukan orang Kawanua sendiri melainkan warga negara asing. Oke... memang sudah sepatutnya kita berterimakasih atas jasa mereka mempromosikan wiasata daerah kami, tapi kalau dilihat lagi, mereka sebenarnya mendapat keuntungan lebih yakni melalui Google Adsense dan banyak keuntungan lainnya.

Saya berpikir kenapa bukan kita sendiri, yang notabene tinggal dan hidup di Sulawesi Utara bertahun-tahun. mencoba berusaha dengan cara saling bergandengan tangan membangun daerah melalui blog dan internet marketing. Keuntungannya sudah jelas, SDM Sulawesi Utara bisa ditingkatkan dan diandalkan melalui cara ini, kita bisa berpatut bangga dengan hasil karya anak-anak daerah sendiri. Jangan hanya termangu melihat keberhasilan anak daerah lainnya.

saya sara ini bukan suatu kebetulan ya... saat saya sedang asyik mengurus groups Blogger Manado, saya mendapat informasi melalui website Pesta Blogger. Ada event menarik yang menurut saya "Inilah peluang Blogger Manado Untuk Menjalankan Misinya"

Event Microsoft Bloggership
ini menjawab impian saya dan teman-teman di groups Blogger Manado. Oleh sebab itulah saya sebagai salah seorang Blogger manado memberanikan diri untuk mengikuti event ini :)

Oke teman-teman, nantikan artikel saya secara khusus menjawab tantangan Microsoft, dengan tema “Saving Your Social Energy and Stay Connected”. Saya mohon doa dan dukungannya yaaa :)

Hidup Blogger Manado!

1 komentar:

I'm → Botzzz mengatakan...

akhirnya ada blogger orang manado juga..:)
untuk sementara no comment dulu ahhh..:)

Posting Komentar